Memperbaiki GPU ACER 5920G (Nvidia 8600)

Model ini termasuk notebook bagus di jamannya (th 2010), klo sekarang mungkin udah outdated kali yah. Notebook ini jaman dulu kala sering banget ane buat ngegame dan cukup mumpuni, ditenagai oleh Intel Core 2 Duo T7300 CPU, 2 GB Ram DDR 2, dan 8600 GT (256 MB) serta layar 15,4″. Notebook ini memiliki pembuangan panas (fan) ke arah bawah sehingga riskan apabila digunakan di atas kasur karena akan menghambat pembuangan panas. Berikut penampakannya

 

acer-aspire-5920g-1n

 

Gpu nvidia seri 8 ini dikabarkan “cacat produksi” sehingga banyak pengguna gpu ini melaporkan keanehan pada notebook mereka, mulai dari munculnya artefak pada layar, BSOD sampai dengan layar mati (blank). Pada notebook ane gejalanya adalah gpu ini menolak untuk di install driver nvidia (bakal BSOD) sehingga terpaksa menggunakan driver bawaan windows sehingga cuma dikenali sebagai generik VGA dengan 8MB memory (sedihnya). Berbekal kenekatan akhirnya ane coba bongkar dan perbaiki sendiri gpu seri 8 ini. Saya lupa memvideokan prosesnya akan tetapi secara garis besar adalah seperti di bawah ini:

1. Bongkar casing bagian bawah dengan cara melepas baut yang ada sehingga tampak seperti di bawah ini

 

acer_aspire_5920_leistung

Pada gambar di atas tampak gpu berada di antara kipas dan hd, lepaskan baut dan gpu dari soketnya.

 

2. Kita akan memanaskan gpu tersebut, pada kasus ini akan saya gunakan hot air welding gun plastic seperti nampak pada gambar di bawah ini

hot-air-welding-gun-plastic-welding-torch-korea-_1

 

hot air gun yang ane gunakan bisa menghasilkan semburan hingga 400 derajat c, akan tetapi disini akan kita batasi dengan penggunaan pemanas sekitar 200 derajat saja melalui tombol selektor yang dapat dipilih (high/low). Yang akan saya panaskan adalah core dari gpu tersebut sehingga disekeliling core tersebut akan saya beri isolasi tahan panas. berikut adalah letak dari core gpu yang akan saya panaskan (kotak merah).

 

acer-aspire-5920-33670531

 

pemanasan dengan hot air gun pada core gpu saya lakukan selama kurang lebih 5 menit kemudian kita tiriskan (diamkan selama 10 menit) agar dingin sebelum saya pasang kembali ke soketnya. dan hasil akhirnya…. voila… gpu saya berhasil dikenali kembali sebagai nvidia 8600 dengan menginstall nvidia driver terbaru (no more BSOD).

sekian.

2 comments on “Memperbaiki GPU ACER 5920G (Nvidia 8600)
  1. Eri berkata:

    Kalau masih ada ane bayarin gan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *