Bermain dengan Bluetooth Low Energy nRF51

Bluetooth Low Energy (BLE) atau biasa disebut bluetooth smart banyak digunakan pada perangkat yang membutuhkan konektivitas nirkabel, low cost , dan ditenagai dengan baterei yang mampu beroperasi dalam jangka waktu yang lama (umumnya berbulan bulan dalam sekali charge). Kita sering melihat perangkat pintar dengan BLE seperti jam pintar (xiaomi band), gantungan kunci pintar yang terhubung dengan smartphone, remote control, dan lain sebagainya.

Kali ini saya akan membahas secara singkat mengenai development kit BLE yang dikeluarkan oleh Nordic semiconductor yaitu nRF51 DK seperti nampak pada gambar di bawah ini

 

nrf51-dk_v1-2-0_top_pin_information_clear

 

 

Note : Development kii (DK) ini compatible dengan arduino shield loh.

 

Untuk memulai bermain bermain dengan BLE maka selain DK maka perlu juga diunduh beberapa tools pendukung seperti nRF5 SDK, nRFgo studio dan nordic android apps yang bisa diunduh dari google play store.

nRF5 SDK berisi library driver, bsp, dan contoh contoh code aplikasi BLE. misal bila kita membuka contoh untuk mengakses port gpio dapat kita lihat di folder (example -> peripheral ->gpiote). Pada folder gpiote terdapat folder pca10028 (pca10028 adalah board nRF51 yang saya gunakan seperti pada gambar di atas). Di dalam folder pca10028 terdapat beberapa sub folder yang merujuk pada IDE dan compiler yang akan kita gunakan. apabila anda familiar dengan IDE eclipse maka dapat menggunakan armgcc sebagai compilernya atau apabila anda lebih familiar dengan keil anda dapat menggunakan arm4 / arm5.

Sebagai catatan, keil dapat digunakan secara gratis meskipun ada pembatasan besaran code yang dapat dicompile.

 

Contoh gpiote melibatkan penggunaan beberapa driver seperti PPI (Programmable Peripheral Interconnect), gpiote untuk mengakses dan mengontrol pin pin nRF51 dan timer. aplikasi main.c gpiote ini menampilkan togle LED (ON/OFF) setiap 200ms menggunakan timer event. Pada keil kita dapat meng compile dengan cara melakukan clean target dan build kemudian kita dapat mendownload file hasil compile tersebut ke DK dengan mengklik tombol load atau melalui software nRFgo studio.

 

Contoh gpiote diatas tidak menggunakan BLE stack, apabila kita ingin membangun perangkat dengan kemampuan BLE maka kita harus menggunakan softdevice yang telah disediakan oleh nordic. Kita dapat melihat contoh aplikasi BLE pada folder (example -> ble_peripheral).  Pada contoh ble_app_hrs, kita dapat mensimulasikan perangkat pintar yang dilengkapi heart rate sensor, dan menampilkan hasil pengukurannya pada smartphone dengan bantuan nordic android app melalui koneksi BT.

 

Setelah anda berhasil meng compile contoh hrs diatas maka kita perlu mendownloadnya ke dalam DK, akan tetapi karena contoh diatas membutuhkan stack BLE maka kita perlu mendownload softdevice terlebih dahulu ke dalam DK melalui nRFgo studio.

Pada kolom device manager di nRFgo studio, akan muncul board kita apabila kita menghubungkan PC dengan DK melalui kabel usb. Anda dapat menekan erase all untuk menghapus isi flash dan memilih program softdevice (browse s130) dan program application.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *